Ini Jawaban Sains Kenapa Bumi Punya Kehidupan di Tata Surya

Ini Jawaban Sains Kenapa Bumi Punya Kehidupan di Tata Surya

Ini Jawaban Sains Kenapa Bumi Punya Kehidupan di Tata Surya – Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Di antara delapan planet yang ada di tata surya, Bumi merupakan satu-satunya planet yang menampung kehidupan organisme di dalamnya.

Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, Oh, ya, melalui kesepakatan ilmuwan terbaru, tata surya kita tidak lagi memiliki sembilan planet karena Pluto sudah dimasukkan ke dalam klasifikasi planet katai atau dwarf planet.

Nah, Dikutip dari download idn poker mobile kenapa hanya Bumi yang memiliki kehidupan di tata surya kita? Apa yang membuat Bumi sangat berbeda dengan planet-planet lainnya? Yuk, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Kadar oksigen
Kenapa Hanya Bumi yang Punya Kehidupan di Tata Surya? Sains Menjawab

Dilansir laman Earth Sky, kadar oksigen di atmosfer Bumi saat ini mencapai 21 persen dan jumlah ini terhitung sangat masif jika dibandingkan dengan kadar oksigen planet lain. Bandingkan dengan Planet Mars yang hanya memiliki jumlah oksigen sebesar 0,13 persen, tentu hal ini sangat timpang jika dibandingkan dengan planet kita.

Padahal, Mars disorot sebagai salah satu planet yang digadang-gadang menjadi zona tinggal manusia di masa depan. Bagaimana dengan planet lain? Well, sama buruknya dengan Mars. Bahkan, Merkurius dan Venus yang terdekat dengan Matahari diprediksi hanya memiliki 0,003 persen oksigen di atmosfernya.

2. Kadar air
Kenapa Hanya Bumi yang Punya Kehidupan di Tata Surya? Sains Menjawab

Sebanyak 70 persen bagian Bumi terdiri dari air. Jumlah ini terbilang sangat banyak dan jika dikombinasikan dengan oksigen, kehidupan sederhana di zaman purba dapat terbentuk dan berevolusi. Mars juga diduga dulunya pernah mengandung air dalam jumlah sedikit. Beberapa planet lain yang sangat jauh dari Matahari mungkin punya kandungan air, tetapi kondisinya tentu membeku.

Kondisi Bumi yang cenderung basah pada zona mayoritasnya membuat planet kita makin unggul jika harus dibandingkan dengan ketujuh planet lainnya. Jangan bandingkan kondisi Bumi dengan Venus atau Merkurius yang tentunya tidak memiliki air di permukaan planet.

3. Intensitas cahaya Matahari
Kenapa Hanya Bumi yang Punya Kehidupan di Tata Surya? Sains Menjawab

Jika terlalu dekat dengan Matahari, sebuah planet akan bernasib seperti Merkurius dan Venus yang sangat panas dan mustahil ditinggali kehidupan. Jika terlalu jauh, nasib planet akan layaknya Uranus dan Neptunus yang membeku abadi.

Mars sebetulnya juga cukup ideal. Namun, iklim yang sangat dingin dan minimnya oksigen menjadi penghalang utama bagi manusia yang di masa depan akan tinggal di sana. Menurut laman Space, jarak Bumi dan Matahari adalah 149 juta kilometer secara rata-rata.

4. Perisai planet
Kenapa Hanya Bumi yang Punya Kehidupan di Tata Surya? Sains Menjawab

Tidak ada satu pun planet di tata surya yang memiliki perisai kompleks, kecuali Planet Bumi yang saat ini sedang kita tinggali. Dikutip dalam National Geographic, komposisi atmosfer Bumi terdiri dari 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, 0,9 persen argon, dan 0,1 persen gas lainnya.

Mereka adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan lapisan eksosfer. Nah, perisai-perisai ini sanggup melindungi Bumi dari hantaman batuan luar angkasa dan radiasi. Bagaimana dengan planet-planet lainnya?

5. Medan magnet
Kenapa Hanya Bumi yang Punya Kehidupan di Tata Surya? Sains Menjawab

Medan magnet yang dimiliki Bumi terbukti mampu melindungi planet ini dari serangan radiasi Matahari yang mematikan. Jika kamu melihat aurora di wilayah dingin, itu artinya kamu juga tengah menyaksikan pertarungan antara medan magnet Bumi dengan radiasi Matahari yang sudah mencapai Bumi.

Massachusetts Institute of technology melansir bahwa medan magnetik Bumi sudah mulai terbentuk sejak 4,2 miliar tahun lalu. Hal ini membuktikan bahwa planet kita sudah siap dijadikan tempat tinggal sejak zaman Bumi muda.

6. Urutan menentukan hasil akhirnya
Kenapa Hanya Bumi yang Punya Kehidupan di Tata Surya? Sains Menjawab

Tak ada yang seberuntung Bumi. Ya, di antara semua planet di tata surya, hanya Bumi yang memiliki posisi paling strategis. Planet kita berada di urutan ketiga setelah Merkurius dan Venus. Posisi ini tentu membuat Bumi memiliki berbagai macam iklim yang seimbang dan membuat organisme di dalamnya sanggup berevolusi dalam rentang waktu miliaran tahun.

Ilmuwan dan astronom menyatakan bahwa jika saja Bumi berada di urutan kedua atau keempat, mungkin kita tak akan pernah ada saat ini. Sains menyebutnya sebagai sebuah kebetulan atau keberuntungan besar yang mampu menciptakan probabilitas tinggi berkaitan dengan kemunculan kehidupan di zaman purba.