Fakta Tentang Awan Magellan yang Terletak di Bimasakti

Fakta Tentang Awan Magellan yang Terletak di Bimasakti

Fakta Tentang Awan Magellan yang Terletak di Bimasakti – Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Galaksi adalah objek luar angkasa yang terdiri dari ratusan hingga miliaran bintang, debu, gas, dan senyawa padat seperti logam.

Awan Magellan Besar (AMB) merupakan salah satu galaksi kerdil terbesar dan terdekat yang mengelilingi Bimasakti sebagai galaksi satelit. Bimasakti adalah contoh galaksi yang menaungi Bumi kita saat ini. Selain itu, ada pula galaksi bernama Awan Magellan.

Walaupun dinamakan “awan”, ia sebenarnya merupakan galaksi katai atau kerdil yang menjadi rumah dari miliaran bintang muda kaya akan gas. Tak hanya itu, Dilansir dari download idn play Awan Magellan diketahui terletak di sekitar Bimasakti. Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Terdapat dua Awan Magellan
5 Fakta Awan Magellan, Galaksi Kerdil di Sekitar Orbit Bimasakti

Dilansir Universe Guide, terdapat dua Awan Magellan, yakni Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil. Keduanya terpisah dengan jarak sejauh 75.000 tahun cahaya.

Perbedaan objek kembar ini terletak pada komposisinya. Awan Magellan Besar mengandung bintang-bintang muda panas berwarna kuning dan merah, sedangkan Awan Magellan Kecil tersusun dari bintang-bintang muda berwarna biru.

Nah, jika dilihat dari dekat dengan menggunakan teleskop, Awan Magellan Besar akan nampak merah dan Awan Magellan Kecil bakal terlihat biru.

2. Kaya akan gas
5 Fakta Awan Magellan, Galaksi Kerdil di Sekitar Orbit Bimasakti

Awan Magellan merupakan objek luar angkasa yang kaya akan gas, sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Benar, dua gas ini memainkan peran penting dalam pembentukan bintang.

Itulah kenapa, Awan Magellan disebut juga sebagai rumah bintang. Objek kembar ini dihuni oleh banyak populasi bintang muda panas dan nebula, yang paling terkenal ialah nebula Tarantula di Awan Magellan Besar.

3. Diklasifikasikan sebagai galaksi katai yang berada di sekitar orbit Bimasakti
5 Fakta Awan Magellan, Galaksi Kerdil di Sekitar Orbit Bimasakti

Awan Magellan diklasifikasikan sebagai galaksi katai atau kerdil, yaitu galaksi kecil yang hanya diisi oleh beberapa miliar bintang. Dilansir Britannica, ia berlokasi di sekitar orbit Bimasakti dan pernah mengalami beberapa pertemuan pasang surut satu sama lain.

Selain disebut sebagai galaksi katai, objek ini kerap dipanggil galaksi irregular yang paling dekat dengan Bimasakti. ESO melansir bahwa Awan Magellan hanya memiliki 10 persen massa dari Bimasakti.

4. Pertama kali ditemukan oleh penjelajah dari Portugal
5 Fakta Awan Magellan, Galaksi Kerdil di Sekitar Orbit Bimasakti

Dilansir Britannica, Awan Magellan pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah dari Portugal, yaitu Ferdinand Magellan. Penemuan ini terjadi ketika ia dan para krunya melakukan pelayaran keliling dunia pada tahun 1519 hingga 1522.

Selanjutnya, objek tersebut digambarkan oleh rekan Ferdinand Magellan, yakni Venetian Antonio Pigafetta sebagai gugus bintang yang redup. Dalam buku hariannya, Pigafetta menulis bahwa rasi bintang di Kutub Selatan tidak sama dengan yang ada di Kutub Utara. Pada Bumi bagian utara, terdapat dua kelompok bintang berkabut dan menyerupai awan kecil yang saat ini dikenal sebagai Awan Magellan.

5. Terbentuk sekiranya pada 13 miliar tahun yang lalu
5 Fakta Awan Magellan, Galaksi Kerdil di Sekitar Orbit Bimasakti

Para ilmuwan memperkirakan Awan Magellan terbentuk pada 13 miliar tahun lalu . Hal ini bersamaan dengan lahirnya Bimasakti. Objek kaya bintang ini termasuk ke dalam Grup Lokal Galaksi, yaitu galaksi yang berada dekat dengan Bimasakti, seperti halnya Andromeda dan Triangulum.

Itulah beberapa fakta seputar Awan Magellan, galaksi katai yang berada di sekitar orbit Bimasakti. Keberadaan objek ini semakin membuktikan bahwa alam semesta memiliki banyak benda luar angkasa yang menakjubkan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu, ya!