Fakta Planet Uranus Sebagai Planet Terdingin di Tata Surya

Fakta Planet Uranus Sebagai Planet Terdingin di Tata Surya

Fakta Planet Uranus Sebagai Planet Terdingin di Tata Surya – Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari. Uranus merupakan planet yang memiliki jari-jari terbesar ketiga sekaligus massa terbesar keempat di Tata Surya. Uranus juga merupakan satu-satunya planet yang namanya berasal dari tokoh dalam mitologi Yunani, dari versi Latinisasi nama dewa langit Yunani Ouranos.

Komposisi Uranus serupa dengan Neptunus, dan keduanya mempunyai komposisi kimiawi yang berbeda dari raksasa gas yang lebih besar, Jupiter dan Saturnus. Karenanya, para astronom sering menempatkan Uranus dan Neptunus dalam kategori “raksasa es” untuk membedakan keduanya dari raksasa gas. Uranus merupakan planet ke 7 dalam urutan tata surya. Planet ini pertama kali ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1781.

Uranus sangat sulit dilihat dengan mata telanjang kalaupun bisa dilihat menggunakan teleskop, maka yang terlihat hanya bulatan yang berwarna solid. Salah satu fakta yang menarik dari Club388 Indonesia Uranus adalah suhu yang berada di planet ini bisa mencapai -226°C. Selain itu terdapat beberapa fakta menarik yang lainnya mengenai Uranus. Mau tau apa saja faktanya? Berikut ulasannya.

1. Uranus sering disebut sebagai planet es
5 Fakta Menarik Tentang Uranus, Planet Terdingin di Tata Surya

Planet Uranus memiliki kandungan helium dan hidrogen pada lapisan atasnya serta mantel yang terbuat dari es yang membungkus besi dan batu yang terdapat di dalam intinya. Planet ini tidak dapat menyerap cahaya matahari sehingga Uranus sering disebut sebagai planet es karena suhu terendahnya bisa mencapai -226°C.

2. Uranus merupakan planet ke 3 terbesar di tata surya
5 Fakta Menarik Tentang Uranus, Planet Terdingin di Tata Surya

Uranus merupakan planet terbesar ke 3 di tata surya setelah Jupiter dan Saturnus. Jika dibandingkan dengan bumi, Uranus memiliki ukuran 63 kali lebih besar daripada bumi. Tentu saja ini merupakan ukuran yang sangat besar.

3. Uranus memiliki musim yang panjang dalam setahunnya
5 Fakta Menarik Tentang Uranus, Planet Terdingin di Tata Surya

Uranus memiliki musim sama seperti pada planet lain termasuk bumi. Namun di planet ini hanya terdapat 2 musim saja yaitu musim panas dan musim dingin. Durasi musim di Uranus sangat panjang. Musim panas disana bisa mencapai 42 tahun. Ini dikarenakan jarak Uranus yang sangat jauh ke matahari.

4. Uranus juga memiliki cincin
5 Fakta Menarik Tentang Uranus, Planet Terdingin di Tata Surya

Tidak hanya Saturnus saja yang memiliki cincin, Uranus juga mempunyai cincin hanya saja cincinnya tidak terlihat dengan jelas. Lebar cincin Uranus hanya beberapa kilometer saja dari planet Uranus dan tidak terlihat jelas.

5. Hanya satu pesawat saja yang pernah menjelajahi Uranus
5 Fakta Menarik Tentang Uranus, Planet Terdingin di Tata Surya

Para peneliti pernah membuat sebuah proyek pesawat luar angkasa untuk meneliti misteri dari luar angkasa. Salah satu proyek yang dibuat ialah Voyager 2, satu-satunya pesawat luar angkasa yang dapat menjelajahi Uranus yang jaraknya sangat jauh dari bumi.