Fakta Planet Inferno Adalah Planet yang Dijuluki Neraka

Fakta Planet Inferno Adalah Planet yang Dijuluki Neraka

Fakta Planet Inferno Adalah Planet yang Dijuluki Neraka – Planet atau bintang siarah adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah “membersihkan” daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal. Baru-baru ini, NASA telah menemukan jejak planet yang merupakan salah satu planet paling panas yang ada di luar tata surya kita.

Seperti diberitakan dalam laman Express, planet ini disebut sebagai planet neraka karena memang suhu panasnya yang sangat ekstrem.

planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka. Baru-baru ini, NASA telah menemukan jejak planet yang merupakan salah satu planet paling panas yang ada di luar tata surya kita. Nah, planet panas ternyata Club388 Indonesia jumlahnya banyak, lho. Bahkan, beberapa di antaranya diprediksi menyamai suhu permukaan matahari. Inilah lima fakta tentang planet inferno, planet panas yang disebut-sebut sebagai planet neraka. Disimak, ya!

1. Memiliki suhu yang luar biasa panas
5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

Kepler-70b, planet yang berada di luar tata surya, merupakan salah satu eksoplanet yang memiliki suhu luar biasa panas. NASA mengabarkan bahwa suhu eksoplanet ini mencapai 6800 derajat Celsius, seperti diberitakan laman Express.

Suhu planet tersebut bahkan lebih panas daripada suhu permukaan matahari (sekitar 6000 derajat Celsius). Dengan suhu yang sangat panas tersebut, mustahil jika planet ini mengizinkan adanya kehidupan biologis seperti di bumi.

2. Bukan hanya satu planet, tapi banyak
5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

Melalui laman resminya, NASA menyebutkan bahwa ternyata di alam semesta terdapat banyak planet-planet neraka karena suhunya yang benar-benar panas. Jika Kepler-70b merupakan planet yang paling panas yang pernah ditemukan oleh NASA, terdapat planet bernama Kepler-16b yang memiliki dua buah matahari.

Dengan satu matahari saja, planet dapat merasakan panas yang menyengat. Tak bisa dibayangkan jika sebuah planet disinari oleh dua matahari sekaligus dalam jarak yang sangat pendek. Itulah sebabnya Kepler-16b juga termasuk salah satu planet dengan julukan neraka.

3. Keberadaan eksoplanet ini banyak yang masih menjadi misteri
5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

Melalui pengamatan dan penelitiannya, NASA mengungkapkan bahwa keberadaan planet ini begitu banyak dan mayoritas keberadaannya masih tersembunyi dan menjadi misteri.

Dengan adanya begitu banyak planet yang bersuhu ekstrem, membuktikan bahwa banyak bintang mati yang sebelumnya mengalami proses peledakan sehingga menjadi sebuah objek supernova yang sangat panas.

4. Venus merupakan planet terpanas di tata surya kita
5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

Dilansir laman Universe Today, planet terpanas atau planet yang dijuluki neraka di tata surya kita yaitu planet Venus. Suhu di planet ini mencapai lebih dari 460 derajat Celsius.

Venus menjadi salah satu planet terpanas di tata surya kita karena radiasi panas matahari yang terkurung di Venus dan sulit untuk dilepaskan kembali. Dengan temperatur dan kondisi cuaca yang sangat ekstrem tersebut, Venus dijadikan planet yang tidak mungkin dijelajahi untuk saat ini.

5. Adakah planet yang panasnya melebihi suhu inti matahari?
5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

Sejauh ini, matahari merupakan objek luar angkasa terpanas yang dapat diamati. Beberapa planet memang memiliki suhu sangat panas, mencapai 6800 derajat Celsius, namun tentu sangat jauh dengan suhu inti matahari yang diprediksi mencapai 15 juta derajat Celsius.

Perbedaan hakikat antara planet dan bintang juga mempengaruhi kemampuan planet menghasilkan panas. Laman sains NASA menjelaskan bahwa matahari merupakan bintang yang terbentuk di zaman purba miliaran tahun lalu.

Ada miliaran sampai triliunan bintang yang mirip dengan matahari di alam semesta, namun hanya ada sedikit planet modern yang panasnya mencapai suhu permukaan matahari.

Itulah beberapa fakta tentang planet yang dijuluki neraka karena memiliki suhu yang sangat panas. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kamu, ya!