Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Jarang Terlihat

Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Jarang Terlihat

Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Jarang Terlihat – Komet Halley  adalah komet yang terlihat dari bumi setiap 75-76 tahun. Secara resmi diberi nama 1P/Halley, nama umumnya diberikan menurut nama Edmund Halley. Komet ini merupakan komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya. Walaupun pada setiap abad banyak komet berperiode panjang yang muncul dengan lebih terang dan dahsyat.

Halley adalah satu-satunya komet dengan periode pendek yang dapat dilihat dengan mata telanjang, dan dipastikan kembali dalam rentang umur manusia pada umumnya. Apa yang kamu tahu tentang komet? Salah satu benda luar angkasa tersebut merupakan kumpulan es dan debu di luar angkasa yang memiliki ekor dari gas.Umumnya, komet mengorbit matahari dari jarak jauh.

Namun saat mendekati matahari, komet akan mengeluarkan cahaya yang terang karena es, debu, dan gas komet terlontar akibat radiasi matahari. Hal itulah yang menciptakan ekor yang khas pada komet. Nah, salah satu komet paling terkenal dalam sejarah peradaban manusia adalah komet Halley. Bukan hanya karena kemunculannya dari bumi setiap 76 tahun sekali, namun juga karena fakta-fakta menarik lain dibaliknya.

1. Komet Halley pertama kali dipublikasikan oleh seorang astronom berkebangsaan Inggris bernama Edmund Halley
5 Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Perlu Kamu Tahu

Dalam katalog yang ia terbitkan pada tahun 1705, Edmund Halley mengungkap sebuah komet yang pernah beberapa kali teramati pada tahun 1531, 1607, dan 1682. Komet inilah yang disebut sebagai komet Halley.

Ia memperkirakan komet Halley akan kembali bisa diamati dari bumi pada tahun 1758. Namun sayang, Edmund Halley tak bisa lagi menyaksikan karena ia tutup usia pada tahun 1742.

2. Komet Halley terakhir teramati dari bumi pada tahun 1986
5 Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Perlu Kamu Tahu

Pada era modern, komet Halley masih terus diamati dan ditunggu kemunculannya di langit. Tahun 1986 merupakan kali terakhir komet Halley bisa terlihat di langit angkasa. Dengan waktu tempuh mengorbit matahari selama 75-76 tahun, maka komet Halley baru bisa teramati lagi dari bumi sekitar tahun 2061.

3. Orbit komet Halley dipengaruhi oleh gravitasi dari benda angkasa lain di tata surya
5 Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Perlu Kamu Tahu

Meskipun komet Halley diperkirakan akan melintasi bumi kembali pada tahun 2061, sebetulnya perhitungan tersebut masih bisa meleset karena orbit komet Halley sendiri dipengaruhi oleh gravitasi objek lain di tata surya.

Periode rata-rata orbit komet Halley memang 76 tahun, namun tidak mudah untuk menentukan kapan tepatnya kemunculan komet tersebut. Selama berabad-abad, periode orbit komet Halley bervariasi antara 76 tahun hingga 79,3 tahun.

4. Komet Halley akan bersinar sangat terang pada kemunculannya di tahun 2061 mendatang
5 Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Perlu Kamu Tahu

Menurut informasi dari Departemen Astronomi dan Fisika Universitas Michigan, komet Halley yang diprediksi akan kembali ke tata surya dan melintasi bumi pada tahun 2061 mendatang, bakal bersinar sangat terang hingga magnitudo -0,3.

Saat berada pada jarak terdekat dengan bumi, jarak komet Halley dengan bumi berkisar antara 0,477 AU (1 AU = 150 juta kilometer). Hal ini akan membuatnya terlihat tampak lebih terang meski tidak seterang bintang Sirius.

5. Komet Halley tidak menyediakan tempat tinggal untuk kehidupan manusia
5 Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Perlu Kamu Tahu

Tentu saja komet Halley tak bisa dihuni manusia maupun makhluk hidup lain, sebab ia merupakan “bola salju kotor” yang terdiri dari debu, es, karbon dioksida, amonia, dan metana. Elongasi orbit komet Halley juga sangat besar, bisa sedekat jarak Venus hingga sejauh jarak Neptunus di tata surya. Selain itu suhu di komet Halley bisa mencapai 77 derajat Celcius. Wah!

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik seputar komet Halley, komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya. Semoga ada umur panjang ya supaya bisa melihat kemunculannya sekitar 42 tahun lagi.

Kemunculannya sepanjang sejarah memiliki pengaruh yang besar terhadap sejarah manusia, walaupun penampakannya tidak dikenali sebagai objek yang sama sampai abad ke-17. Dan sejumlah bukti baru menunjukkan bahwa peristiwa langit yang telah disaksikan orang Yunani kuno, kemungkinan merupakan penampakan awal komet Halley.

Dijelaskan, sebuah meteor raksasa telah menghantam Yunani antara 466 SM dan 467 SM. Komet Halley terlihat selama hampir 80 hari pada 466 SM, para peneliti menulisnya dalam jurnal kosmologi. Menurut laporan New Scientist, hingga kini, awal terlihatnya komet tersebut adalah saat mengorbit pada 240 SM, sebuah peristiwa yang dicatat oleh para astronom Tiongkok kuno. Komet Halley terakhir muncul di tata surya pada tahun 1986, dan akan muncul kembali pada pertengahan 2061.