Berikut Inilah Gambarannya Jika Bumi Memiliki Cincin

Berikut Inilah Gambarannya Jika Bumi Memiliki Cincin

Berikut Inilah Gambarannya Jika Bumi Memiliki Cincin – Cincin planet adalah cincin yang terdiri dari debu kosmik dan partikel kecil lain yang mengorbit suatu planet dalam daerah berbentuk piringan pipih. Tak banyak yang menyadari, namun Saturnus bukanlah satu-satunya planet tata surya yang memiliki cincin.

Cincin planet yang paling spektakuler adalah yang ada di sekitar planet Saturnus, tetapi tiga raksasa gas lain dalam tata surya (Jupiter, Uranus dan Neptunus) memiliki sistem cincin mereka sendiri. Jupiter dan Uranus juga dikelilingi oleh bidang datar berbentuk lingkaran tersebut di tengah-tengahnya. Cincin yang menyelimuti planet terbentuk dari material yang berbeda-beda. Contohnya, cincin yang dimiliki Saturnus tersusun dari es dan batuan yang beku.

Sementara cincin Jupiter atau yang memiliki nama Jovian Ring utamanya terbuat dari debu angkasa. Namun pernahkah kamu membayangkan, Dilansir dari idn poker mobile apa yang akan terjadi jika Bumi memiliki cincin? Kira-kira terbuat dari apa dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan di dalamnya, ya? Berikut ini gambarannya secara ilmiah!

1. Para ilmuwan memprediksi Bumi memiliki cincin di masa lalu
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Dilansir How Stuff Works dan sumber-sumber lainnya, para ilmuwan memprediksi bahwa Bumi pernah memiliki cincin. Material penyusunnya adalah bebatuan dan debu angkasa. Cincin tersebut diperkirakan melayang di orbit Bumi miliaran tahun yang lalu, di saat Bumi baru terbentuk.

Jika Bumi memiliki cincin, langit kemungkinan besar akan tampak seperti foto di atas. Ini merupakan penggambaran yang dibuat oleh astronom bernama Ron Miller pada tahun 2016.

2. Cincin Bumi di masa lalu diduga terbentuk saat planet ini bertabrakan dengan Theia
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Teori yang mengatakan bahwa Bumi kemungkinan pernah memiliki cincin bukanlah sebuah konspirasi tanpa dasar. Sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, Bumi yang baru saja terbentuk ini mengalami tabrakan besar dengan planet lain bernama Theia.

Peristiwa tersebut menyisakan puing-puing berupa bebatuan dan debu angkasa di sekitar Bumi. Material itu kemudian tertarik gravitasi dan akhirnya mengelilingi planet kita di area orbit dan membentuk sebuah cincin.

3. Cincin Bumi kemudian berkumpul hingga membentuk Bulan
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Teori tidak berhenti sampai di situ. Mengutip penjelasan dari How Stuff Works, eksistensi cincin tersebut tidak berlangsung lama. Material yang melayang di area orbit Bumi itu kemudian berkumpul menjadi satu dan akhirnya membentuk sebuah benda langit baru, yaitu Bulan.

Pertanyaannya, cincin Bumi tidak berubah menjadi Bulan seperti sekarang (atau sebaliknya, Bulan terpecah menjadi cincin lagi), apa pengaruhnya pada kehidupan di Bumi?

4. Seperti apa karakteristik cincin milik Bumi jika ia benar-benar ada?
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Melihat karakteristik Bulan, cincin yang terbuat darinya kemungkinan memiliki ukuran keliling sepanjang 5.900 kilometer. Sementara tebalnya mencapai 9,5 meter. Seperti itu prediksi para ilmuwan yang disampaikan dalam kanal YouTube What If. 

Cincin tersebut kemungkinan besar akan melintang secara paralel di jalur khatulistiwa. Kita yang menginjakkan kaki di Bumi juga bisa melihatnya, lho. Namun dengan bentuk yang berbeda-beda tergantung pada posisi kita.

5. Seperti inilah tampak cincin Bumi dari sudut pandang manusia
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Dilansir How Stuff Works, di area ekuator seperti Indonesia, cincin akan terlihat seperti garis tipis yang membelah langit sepanjang mata memandang. Semakin jauh posisi kita dari ekuator, penampilan cincin akan berubah. Ia akan tampak lebih jelas. Mulai dari lengkung hingga strukturnya.

Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Menurut penggambaran yang dibuat oleh astronom Ron Miller, cincin tersebut akan tampak paling jelas di area Bumi yang mengalami iklim subtropis. Contohnya, seperti di Eropa, Amerika, dan lain-lain.

Pemandangan paling indah diperkirakan terjadi di senja hingga malam hari. Karena cincin terbentuk dari batuan yang dimiliki Bulan, mereka akan memantulkan cahaya dari Matahari. Langit malam akan dihiasi oleh cincin yang bersinar.

6. Sayangnya, cincin akan membawa sejumlah dampak buruk bagi kehidupan di Bumi
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Semua yang terjadi tentu memiliki konsekuensi. Walaupun Bumi yang diselimuti cincin tampak begitu indah, ada sejumlah dampak buruk yang kemungkinan dibawanya untuk kehidupan kita. Dilansir berbagai sumber, berikut ini di antaranya:

  • Keberadaan cincin akan mengganggu kemampuan navigasi hewan-hewan yang butuh bermigrasi. Mereka akan kesulitan untuk menentukan arah;
  • Jika cincin menghalangi masuknya sinar Matahari, tumbuhan akan kesulitan untuk berfotosintesis;
  • Konsekuensi pada poin kedua akan menyebabkan turunnya suplai oksigen di Bumi.

Konsekuensi lain yang kemungkinan akan terjadi adalah cincin menimbulkan bayangan di area tertentu.

7. Cincin juga akan mengganggu satelit telekomunikasi di area orbit Bumi
Apa yang Terjadi jika Bumi Punya Cincin seperti Saturnus?

Dilansir Live Science, bergantung pada lokasi cincin, kemungkinan satelit buatan manusia akan sulit untuk dikirim ke luar angkasa. Sebab kita hanya bisa menempatkannya di bagian bawah bidang tersebut. Jika satelit diletakkan di area luar cincin, sinyal telekomunikasi akan terhalangi.

Di sisi lain, cincin Bumi tidak hanya memperindah tampilan langit. Masih dari sumber yang sama, keberadaannya akan mempermudah navigasi manusia. Kita bisa memakainya sebagai penunjuk arah, seperti rasi bintang.