Beberapa Planet Yang Berada Di Tata Surya

Beberapa Planet Yang Berada Di Tata Surya

Beberapa Planet Yang Berada Di Tata Surya – Planet adalah langit yang berada di tata surya. dalam tata surya tersebut planet mengorbit mengelilingi matahari. Tata surya merupakan kumpulan benda langit dengan matahari sebagai pusatnya . Tata surya mengorbit pusat galaksi Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 515.000 mph. Tata surya membutuhkan sekitar 230 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit di sekitar pusat galaksi. Susunan tata surya terdiri dari natahari dan keluarga benda antariksa yang menggelilinginya.

Selain matahari anggota terbesar yang berada di tata surya adalah planet. ada 8 planet yang mengelilingi matahari. Planet dalam sistem tata surya telah mengalami perubahab urutan setelah pluto tak lagi di akui sebagai planet.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam planet di tata surya beserta penjelasannya, di lansir dari laman onversity.net.

Mercurius

Mercurius adalah planet dalam yang terkecil dan termasuk paling dekat dengan Matahari, jarak rata-rata ke Matahari 58 juta km, dan memiliki garis tengah 4.880 km.

Planet Mercurius tidak mengandung atmosfer, suhu disekitar planet berkisar antara -200 C – +400 C. Grafitasi mercurius kurang lebih hanya sepertiga kali grafitasi bumi.

Venus

Planet Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi yang memiliki garis tengah 12.104 km. Jarak rata-rata dari Venus ke Matahari 106 km Withdraw Pragmatic Slot, gravitasi venus 2300 dan tekanan udaranya 20 atmosfer.

Dalam peredarannya, Venus memerlukan waktu 225 hari untuk mengelilingi Matahari.

Permukaan Venus ditutupi awan tebal sehingga mencapai 48 km. Venus menjadi planet terpanas dan memiliki suhu rata-rata 460° C.

Beberapa Planet Yang Berada Di Tata Surya

Bumi

Bumi merupakan planet urutan ketiga, dan satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Bumi terbuat dari batu dan merupakan satu-satunya planet yang airnya berbentuk cair.

Bumi membutuhkan 365 hari untuk mengelilingi Matahari. Planet Bumi memilki satelit yaitu Bulan.

Mars

Mars adalah termasuk planet luar dilihat dari lintasannya antara Bumi dan Matahari. Seperti halnya Venus, Mars termasuk planet yang terdekat dengan Bumi.

Adapun jarak rata-rata planet Mars dengan Matahari 228 km. Mars beredar mengelilingi Matahari dalam waktu 687 hari, waktu rotasinya 24 jam 37 menit 21 detik.

Planet ini mempunyai warna kemerahan dan kadang disebut ‘Planet Merah’.

Jupiter

Jupiter adalah merupakan planet terbesar di tata surya. Jupiter mempunyai diameter 130 ribu km.

Planet ini berada lima kali lebih jauh dari Matahari dibanding Bumi dan membutuhkan waktu hampir 12 tahun untuk mengelilingi Matahari.

Jarak rata-rata Jupitar ke matahari kurang lebih sekitar 778 juta km. Struktur Jupiter hamper sama dengan Matahari, yang kebanyakan terdiri dari hidrogen serta campurannya adalah NH3, amoniak, helium, dan metan.

Saturnus

Planet Saturnus planet besar kedua setelah Jupiter. Jarak rata-rata dari Saturnus ke Matahari sekitar 1.426 juta km.

Saat revolusi, planet ini membutuhkan waktu 29,5 tahun. Saturnus memiliki 17 satelit, dan yang paling menonjol adalah Titan, Tethys, Rea, Dione. Selain itu, Saturnus mempunyai tiga cincin yang indah.