Beberapa Fenomena Astronomi Di Akhir Tahun 2020

Bila kalian sangat menyukai langit malam atau tertarik dengan dunia astronomi pastinya akan sangat beruntung di akhir tahun ini (bulan desember). Dimana pada bulan ini terutama pada tanggal 30 Desember 2020 kalian bisa melihat bulan memasukan fase purnama.

1. Bulan Pada Fase Purnama

Puncak bulan purnama ini akan terjadi pada tanggal 30 Desember 2020 mendatang pada pukul 10. Bagi wilayah indonesia timur dan indonesia tengah, puncak purnama akan beringingan dengan tengah hari.

Secara tradisional, bulan purnama yang jatuh di bulan Desember dinamakan dengan bulan dingin penuh (Full Cold Moon) dan Bulan Malam Panjang Penuh (Full Long Night’s Moon).

Hal ini terjadi karena pada saar itu di belahan bumi bagian utara, suhu menjadi sangat dingin dengan durasi malam sangat panjang.

2. Bulan Pada Deklinasi Utara Maksimum

Bulan akan berada pada kondisi deklinasi maksimum utara pada pukul 14.53.24 WIB dengan jarak geosentris 392.141 km.

Kemudian terjadi iluminasi 99,94 persen atau fase purnama dan magnitudo visual -12,66, dengan lebar sudut 30,45 menit busur.

Deklinasi maksimum utara bermakna Bulan terletak pada posisi paling utara dari ekuator langit.

Bulan terletak di konstelasi Gemini dan berada di atas ufuk sejak pukul 18.30 WIB hingga keesokan pagi pukul 6.15 WIB dari arah timur-timur laut hingga barat-barat laut.

Itulah tadi beberapa fenomena astronomi yang akan terjadi pada akhir tahun 2020. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru seputar dunia astronomi dan antariksa terbaru.